Light Pink Pointer

Selasa, 06 Oktober 2015

Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi

Selamat malam sahabat blogger, maaf baru menunjukan tampangnya sekarang ...
malam-malam ini, saya ingin Review mengenai Akuntansi keuangan dan Standar Akuntansi yang 3 hari yang lalu dibawakan oleh kelompok teman saya (kel.1)>_<

Di setiap perusahaan baik perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur, pasti selalu ada yang namya Akuntansi keuangan. jadi, Akuntansi keuangan itu apa ya?
Akuntansi keuangan adalah suatu proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut informasi keuanganperusahaan secara keseluruhan ,  yang dibagikan kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan,  digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan tersebut.
dari pengertian diatas, terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui.
Laporan keuangan adalah suatu daftar yang berisi ringkasan mengenai transaksi keuangan perusahaan.
dan pihak yang berkepentingan tentang informasi keuangan adalah
Pihak Eksternal dan Pihak internal.

Pihak eksternal adalah pihak yang membutuhkan informasi keuangan untuk menilai kinerja perusahaan tersebut apakah berkembang atau tidak. seperti :
1. Para Investor atau pemegang saham
Pemegang saham memerlukan informasi akuntansi untuk mengukur kemajuan perusahaan yang ia investasikan
2. Kreditur
3. Masyarakat (Untuk perusahaan yang sudah go publik)

sedangkan Pihak internal adalah pihak yang berasal dari dalam perusahaan, seperti:
1. Karyawan
2. Pemimpin perusahaan
3. Manajemen perusahaan
Jadi, penyusunan mengenai laporan keuangan merupakan suatu hal yang penting untuk mengukur kemajuan perusahaan yang sedang berkembang.

Oh, iya, jangan samakan Pelaporan keuangan dengan laporan keuangan ya...
bedanya, Laporan keuangan adalah suatu catatan mengenai pemasukan dan pengeluaran perusahaan, sedangkan pelaporan keuangan adalah informasi yang berasal dari laporan keuangan tersebut.

Standar Akuntansi.
Standar akuntansi adalah suatu metode yang seragam untuk menyajikan Informasi keuangan sehingga laporan keuangan dari berbagai perusahaan yang berbeda dapat dibandingkan dengan lebih mudah. misalnya, Perusahaan A menggunalan sistem standar akuntansi yang berbeda dengan Perusahaan B. Nah, Perusahaan A dan B dapat membandingkan kinerja dari setiap perusahaan melalui laporan keuangan tersebut.
Bandan yang membuat standar akuntansi keuangan di Amerika serikat yaitu Financial Accounting Standard Board (FASB), sebuah lembaga yang bertanggung jawab untuk pembuatan standar akuntansi di Amerika serikat.
sedangkan badan yang mengatur laporan keuangan di Indonesia sendiri adalah PSAK (Pernyataan Standard Akuntansi) yang di dirikan oleh IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia)
Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan menurut IAI
Dapat dipahami, Relavan, Keadilan, dan dapat dibandingkan.

Sekilas mengenai Akuntansi keuangan dan Standar Akuntansi...
Selamat malam.

1 komentar: