Light Pink Pointer

Minggu, 27 September 2015

BASIS DATA

Assalammualaikum Wr. Wb

Selamat sore sahabat blogger, sudah lama tidak nge-posting mengenai mata pelajaran,
baiklah, hari ini saya akan menjelaskan pelajaran mengenai "Basis Data". silahkan disimakkk !!

Apa itu basis data?

 Basis data, nama yang tak asing bagi seorang Programer, atau mungkin sahabat blogger sendiri. sesuai dengan istilah yang digunakan yaitu basis dan data, basis menurut KBBI yaitu "dasar" atau "asas" atau menurut pendapat lain yaitu berupa "tempat" atau "pangkal", maksudnya adalah, tempat berkumpul suatu data atau menampung .sedangkan data yaitu suatu informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya. so, kita dapat mengartikan basis data yaitu kumpulan data yang saling terhubung atau terintegrasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

seperti contoh sederhana yang biasa terjadi di dalam kehidupan sehari-hari,
Di dalam suatu binder, kita mempunyai banyak sekali catatan. entah itu catatan mengenai Akuntansi, Algoritma, Matematika, Bahasa Indonesia, maupun Bahasa Inggris. lalu, untuk memudahkan pencarian kita mengurutkan mata pelajaran dengan menggunakan Tab divider atau yang biasa kita sebut adalah pembatas.apabila terdapat catatan rumus, apakah kita memasukan kedalam pembatas mata pelajaran Bahasa Inggris? tentu tidak, kita akan mearuhnya di dalam pembatas mata pelajaran matematika.

Nah, dari contoh diatas, dapat disimpulkan basisnya adalah binder,datanya yaitu catatan pelajaran. dan kumpulan dari beberapa catatan yang saling terhubung sebagai suatu mata pelajaran di dalam suatu binder yaitu Basis Data.

Bagaimana Mengelola Basis Data?

setelah kita sudah mengenal pengertian dari basis data itu sendiri, bagaimana dengan Management System yang digunakan oleh basis data?
Data Base Management System atau biasa kita singkat DBMS yaitu berupa software atau perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola atau mengatur basis data.
aplikasi yang sering digunakan bagi kalangan programer untuk mengatur Basis data yaitu seperti, Ms. Acces, SQL,Foxbase,Delphi, Oracle, Dbase,dan masih banyak lagi.

Bagaimana Sistem Basis Data?

Sistem basis data mempunyai pengertian yang berbeda dengan basis data. sistem basis data yaitu kumpulan komponen dari basis data yang saling terhubung dan bekerja sama dan didukung dengan beberapa komponen untuntuk mencapai suatu tujuan.
apa saja komponen yang terdapat di dalam basis data?

1. Data
hal pertama yang harus kita ketahui yaitu Data, tanpa data , basis data tidak akan berjalan.


2. User (pengguna)
sahabat blogger, pasti sudah mengetahui arti user itu apa? yaitu manusia yang menggunakan untuk mengatur atau mengelola basis data.


3. Hardware (perangkat keras)
perangkat yang digunakan seperti Monitor,mouse,keyboard,CPU dan lain-lain


4. Sistem Operasi (OS)
Sistem yang digunakan untuk mengoperasikan data yang kita gunakan


5. Software (Perangkat Lunak)
seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, software yaitu berupa aplikasi yang digunakan untuk mengelola basis data. seperti Oracle, Dbase, Ms. Acces, dll.
    

6. Network
Network suatu jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. biasanya, network sering digunakan dalam perusahaan.mengapa demikian? supaya memudahkan mentransfer data ke bagian pusat.


7. Aplikasi Lainnya

Bagaimana perbandingan antara Menajemen file tradisional atau dengan menajemen modern ini?

perkembangan mengenai basis data, tidak diawali dengan beberapa aplikasi yang langsung maju.
seperti contoh di dalam suatu menajemen tradisional.
di dalam suatu perusahaan ABC, terdapat seluruh data karyawan perusahaan di setiap departemen, apabila terdapat pegawai baru, maka setiap departemen yang berhubungan dengan karyawan tersebut akan mencatat data dari karyawan baru itu.

sedangkan contoh dari menajemen file menggunakan sistem basis data
di suatu perusahaan EFG, hanya mencatat data karyawan pada departemen HRD, bagaimana dengan departemen yang lain? tentu sja tidak perlu mencatatnya, namun sudah terjalin Network diantara departemen satu dengan departemen HRD atau pusat yang mencatat data karyawan tersebut.

berdasarkan dari kedua contoh tersebut, dapat disimpulkan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Manajemen File secara Tradisional

Kelebihan:
Apabila terdapat kerusakan data karyawan pada suatu departemen. hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena beberapa departemen sudah mempunyai data karyawan tersebut.

Kekurangan: 
1. Adanya double data di setiap departemen perusahaan.
2. Data tidak konsisten
apabila pegawai baru tersebut ingin menikah, otomatis status karyawan tersebut akan beruba, namun hanya satu departemen yang mengetahui, sedangkan yang lain belum.
3. Program berbeda-beda
misalnya, Aplikasi di dalam setiap departemen berbeda, apabila departemen Akuntansi menggunakan pemrograman 1, namun departemen yang lain menggunakan pemrograman 2. dan apabila terjadi hubungan salin-menyalin data, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.
4. Rumit

Manajemen File  Sistem Basis Data

Kelebihan :
1. Tidak adanya double data atau kerangkapan data, karena yang memegang data hanya satu departemen.
2. Data konsisten atau apabila terdapat perubahan mengenai data, maka semua data di setiap departemen akan berubah
3. Data mendukung aplikasi yang sama.

Kekurangan :
1. Apabila terjadi kerusakan data, maka semua data akan rusak dan tidak akan mempunyai cadagan lagi.
2. Penyimpanan atau penampungan sistem basis data harus besar
3. harus mempekerjakan tenaga ahli yang memiliki kemampuan yang tinggi, dalam tanggung jawabnya mengelola data.

Oke,
sudah selesai materiyang tadi saya sampaikan, mohon maaf apabila terjadi kesalahan...
dan oh iya.
Bagi yang ingin bertanya, silahkan di komentar ya sahabat blogger...

Wasalammualaikum Wr.Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar