Light Pink Pointer

Minggu, 17 April 2016

Ekuitas pemegang saham laba ditahan

Laba ditahan

Seperti dalam bahasanya Laba ditahan ialah suatu laba yang di tahan untuk sewaktu-waktu digunakan oleh perusahaan apabila perusahaan belum mendapatkan keuntungan yang maksimal. seperti dalam pembagian deviden bagi para pemegang saham. selain deviden, Laba ditahan juga bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan perusahaan jika laba yang di dapatkan masih kurang.
Laba ditahan di dapatkan dari jumlah sebagian keuntungan atau laba perusahaan yang dimana jumlahnya ditetapkan oleh dewan komisaris.
Apabila perusahaan mendapatkan laba atau keuntungan perusahaan yang sanggup memenuhi kebutuhan perusahaan, maka laba ditahan tidak digunakan, namun setiap tahun akan bertambah jika perusahaan mendapatkan keuntungan.

Pada  laporan laba ditahan, terdapat dua jenis yaitu :

a. Tanpa pecadangan laba ditahan
Contoh pelaporan tanpa pecadangan laba ditahan







b. Dengan pecadangan yang tidak dicadangkan
Contoh pelaporan laba ditahan yang tidak dicadangkan 



Akuntansi untuk Deviden
Deviden ialah sejumlah keuntungan yang di dapatkan oleh pemegang saham dari sejumlah saham yang ditanamnya. Pada pemegang saham preferen, pada saat pembagian deviden mendapatkan hak prioritas mendapatkan terlebih dahulu sejumlah deviden sesuai dengan presentase tertentu, sedangkan bagii para pemegang saham mendapatkan deviden dari selisih deviden yang dibagikan dengan deviden pemegang saham preferen. apabila perusahaan tidak mendapatkan laba atau mendapatkan kerugian, deviden bisa di dapat dari laba ditahan, dengan mengurangi (kredit) akun laba ditahan.

Macam-macam Deviden :

1. Cash Deviden
Cash deviden ialah sejumlah keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk  sejumlah uang tunai, baik diberikan kepada pemegang saham biasa maupun saham preferen.

2. Script Deviden
Script deviden ialah suatu surat kesanggupan perusahaan untuk membayar deviden pemegang saham.

3. Property deviden
Property deviden ialah sejumlah keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham baik saham biasa maupun pada saham preferen dalam bentuk barang. seperti kendaraan, maupun barang lainnya.

4. Liquiditing Deviden
Liquiditing deviden ialah suatu keuntungan atau laba yang dibagikan dimana sebagian diberikan oleh pemegang saham dan sebagiannya lagi diberikan atau disumbangkan untuk perusahaan.

5. Stock Deviden
Ialah suatu keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan dalam bentuk saham ke pada para pemegang saham.

1 komentar: