Light Pink Pointer

Rabu, 02 November 2016

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL (KAI ACCESS, TEROBOSAN MOBILE OLEH PT. KAI)

Nama Kelompok :
1. Diah Putri Sani (42214960)
2. Diah Sulistiyanti (42214964)
3. Elin Zanuar S. (43214496)
4. Hesti Kumala Sari (44214970)
5. Rafika Paramita Riztanto (48214747)

Kelas : 3DA02

Tugas : Sistem Informasi Manajemen

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL PERTEMUAN KE-2

KAI ACCESS, TEROBOSAN MOBILE OLEH PT. KAI

 

Sejarah perkereta apian dimulai di Indonesia sejak zaman pendudukan Belanda tepatnya dimulai sejak tahun 1867 dan perjalanan kereta pertama adalah dari Semarang-Tanggung. Di Indonesia, hanya terdapat satu perusahaan yang menyediakan jasa transportasi kereta api yang dimiliki oleh pemerintah, yaitu PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) yang dahulu bernama Djawatan Kereta Api (DKA)

Pada awalnya, kereta yang dioperasikan hanya kereta batu bara, namun seiring perkembangan zaman yang saat ini sedang memasuki era digital, kereta api pun tidak lagi menggunakan mesin uap dan batu bara, tapi menggunakan mesin berbahan bakar diesel dan kereta yang dijalankan dengan aliran listrik atau yang akrab di telinga masyarakat sebagai Kereta Api Listrik (KRL)

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah pengguna kereta api sampai dengan Desember tahun 2015 berjumlah 325.945, pada tahun 2014, jumlah pengguna kereta api sejumlah 277.508. Artinya terjadi peningkatan pengguna kereta api sejumlah 48.437 pengguna.

Melihat peningkatan jumlah pengguna kereta api yang masih terjadi dan melihat pengguna perangkat perangkat pintar yang menjamur di Indonesia, PT. KAI meluncurkan aplikasi seluler yang melayani pengguna android dan IOS. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di PlayStore dan AppStore dan bisa langsung dipakai setelah diunduh. Dengan aplikasi ini, pengguna kereta api dapat memesan tiket, melakukan boarding, melihat dan peta perjalanan lebih mudah. 

Aplikasi ini telah diluncurkan pada tanggal 26 July 2013 dengan nama "Official Mobile Application Kereta Api Indonesia" (Kereta Api Indonesia Access). Aplikasi ini menghadirkan kemudahan-kemudahan yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi pergi dan mengantri di loket untuk membeli Tiket, dan tentu saja terbebas dari calo.
Kemudahan - kemudahan yang di dapat antara lain adalah:
  1. Cukup melakukan pembayaran di channel yang telah disediakan.
  2. Setelah tiket terbayarkan, cukup menunjukan bukti lunas di menu kode booking dan anda bisa mendapatkan tiket.
  3. Maksimal pemesanan sampai 3 bulan sebelum waktu keberangkatan.
  4. Minimal pemesanan sampai 10 jam sebelum kereta berangkat.
  5. Jumlah pemesanan maksimal 4 (empat) Penumpang. Penumpang dapat disimpan pada device untuk mempermudah pemesanan berikutnya
  6. Integrasi dengan calendar device, sehingga mengingatkan calon penumpang kapan akan berangkat.
  7. Dapat memilih Seat.
  8. Dapat melihat history pemesanan sebelumnya.
  9. Memiliki Maps yang dapat menunjukan dimana stasiun terdekat.
Dan layanan yang diberikan mencakup seluruh kelas dalam argo kereta api, meliputi Eksekutif, Bisnis, hingga Ekonomi. Adapun fitur-fitur yang diberikan pada aplikasi ini antara lain adalah Booking Ticket, Schedule, Booking Check, History, Profile, News, Map, dan About.

1.      Booking Ticket
Pemesanan tiket paling mudah yang bisa dilakukan di rumah sehingga pemesanan tiket yang sudah terjadwalkan sebelumnya dapat dipesan dengan lebih mudah. Jadwal yang dikeluarkan ONLINE REAL TIME dari server Kereta Api Indonesia sendiri. 

2.      Schedule
Tidak jauh berbeda dengan fitur Booking Ticket, hanya saja proses pemesanan dilakukan tanpa mengisikan jumlah penumpang alias melihat jadwal lebih dulu. Jumlah penumpang diisikan setelah calon penumpang memilih Kereta Api dan bisa juga jika hanya sekedar mencari jadwal. 

3.      Booking Check
Berfungsi untuk menjadi bukti pembayaran yang sah untuk ditunjukkan ke loket. Caranya adalah dengan memasukan kode booking atau kode pembayaran yang telah terbayarkan pada aplikasi ini dan Anda akan langsung mendapatkan tiket. 

4.      History
Semua pemesanan yang sudah dilakukan sebelumnya akan tercatat pada device anda, sehingga anda tidak akan lupa tentang pemesanan tiket anda. Kode booking, relasi stasiun, jadwal berangkat, daftar penumpang, semua sudah tercatat pada fitur history. 

5.      Maps Stasiun
Dengan fitur ini, Anda akan mendapat daftar peta lokasi stasiun. Peta sudah terintegrasi dengan GPS device anda, jadi anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada pada peta, dan anda akan sampai di stasiun. 

6.      News
Menghadirkan berita-berita official dari PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) yang membuat anda tidak ketinggalan mengenai berita tentang perkeretaapian di indonesia selama sepuluh hari ke belakang. Banner Promo juga memudahkan anda dalam mengetahui berita tentang promo-promo yang dilakukan oleh kereta api. 

7.      Profil
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi mengisi biodata berulang kali ketika akan berangkat menggunakan kereta api karena profil anda, meliputi nama, no. ID, No HP, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, sudah disimpan pada device. Aplikasi dapat menyimpan data profil sampai dengan 4 penumpang sehingga tidak perlu repot mengisi biodata keluarga anda. Setelah data tersimpan, cukup beberapa kali sentuh dan anda sekeluarga sudah bisa mendapatkan tiket kereta api. 

8.      About
Fitur ini berisikan informasi seputaran PT. Kereta Api Indonesia (persero), Informasi pembayaran dan Account Social Networking PT. Kereta Api Indonesia (persero).

Dengan mengunduh aplikasi KAI Access di handphone menjadikan loket serasa digenggaman, seperti slogannya ‘beli tiket semudah update status’ merupakan salah satu campaign PT. KAI dalam program beli tiket itu mudah. Prosesnya yang cepat dan mudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Cara mengaktifkan akun di aplikasi KAI Access juga sangat mudah. Bagi pengguna yang belum memiliki akun di KAI Access yaitu dengan melakukan registrasi, masukkan identitas diri seperti nama, identitas lengkap, no. handphone, email, dan password. No. handphone dan email bertujuan untuk melakukan verifikasi apakah aplikasi tersebut sudah benar diunduh dengan identitas yang didaftarkan. Apabila verifikasi telah berhasil maka aplikasi tersebut dapat langsung digunakan. Peluncuran aplikasi ini akan di lakukan pada 4 September 2014 di Pintu Barat Stasiun Gambir Jakarta, pukul 16.00.

SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar